Selasa, 27 Mei 2014

CARA MEMPEROLEH SAMBUNGAN INTERNET

Agar komputer dapat tersambung ke internet banyak cara yang bisa di lakukan. Berikut ini adalah cara- cara untuk memper oleh sambungan ke internet.

1.  Dial up yaitu akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
contoh :Telkomnet instan

2.  ADSL adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain, koneksi internet melalui media  kabel telpon rumah dengan menggunakan modem ADSL contohnya :Speedy.

3. Kabel data Modem HP yaitu : Koneksi internet  menggunakan kabel data ke HP yang sudah memiliki fasilitas GPRS.

4. Bluethoot Modem HP yaitu koneksi internet melalui bluethoot yang tersambung ke HP yang sudah memiliki fasilitas GPRS.

5.USB Wirless modem GSM(Global System for Mobile Communications) /CDMA (Code division multiple access) yaitu koneksi internet menggunakan perangkat USB modem yang diisi dengan kartu seluler GSM atau CDMA.

6.WIFI yaitu koneksi internet melalui jaringan WIFI pada lokasi tertentu yang terdapat Hotspot area. (nirkabel)

7.Wirless LAN yaitu suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar.

8. V-SAT Yaitu koneksi internet menggunakan parabola yang di hadapkan ke satelit untuk memperoleh sambungan internet. melalui  stasiun penerima, sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. Sebenarnya piringan VSAT tersebut menghadap ke sebuah satelit geostasioner. Satelit geostasioner merupakan satelit yang selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi pada sumbunya yang dimungkinkan karena mengorbit pada titik  yang sama di atas permukaan bumi, dan mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.

9.PCMCIA Yaitu koneksi internet menggunakan perangkat PCMCIA yang digunakan pada laptop.

10.Modem UHF yaitu koneksi internet malalui antena UHF

11. Modem Power yaitu koneksi internet melalui kabel listrik dari PLN. juga dikenal sebagai Power Line Digital Subscriber Line (PDSL), mains communication, Power Line Telecom (PLT), Power Line Networking (PLN), atau Broadband over Power Lines (BPL) adalah sistem untuk membawa data pada konduktor yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik. Sehingga jaringan listrik selain berfungsi sebagai sumber listrik juga menjadi media penghantar komunikasi.
Daya listrik ditransmisikan melalui jalur transmisi tegangan tinggi, yang didistribusikan melalui tegangan menengah, dan digunakan di dalam gedung pada tegangan rendah. PLC dapat diterapkan pada setiap tahap. Kebanyakan teknologi PLC membatasi diri untuk satu set kabel (misalnya, kabel tempat), tetapi beberapa dapat silang antara dua
tingkat (misalnya, baik jaringan distribusi dan kabel tempat).Biasanya trafo mencegah menyebarkan sinyal yang memungkinkan beberapa teknologi PLC dijembatani untuk membentuk jaringan yang sangat besar.

unsur unsur dalam desain grafis komputer

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Sebelum penjelasan unsur desain grafis, ada baiknya mengetahui sedikit sejarah perkembangan desain grafis.
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
1. Garis (Line)
Garis adalah gabungan beberpa titik, sehingga terbentuk suatu obyek garis lengkung, lurus ataupun garis yang tidak beraturan. Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
2. Bentuk (Shape)
Kita mengenal suatu benda karena bentuknya, segitiga, lingkaran, bujur sangkar dll. Sementara pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:
  • Huruf (Character) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
  • Simbol (Symbol) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).
  • Bentuk Nyata (Form) : bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.
3. Tekstur (Texture)
Tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba yang biasa kita kenal dengan istilah tekstur.  Tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, dll.
Prinsip-prinsip desain yang akan dijelaskan di bawah ini bukanlah sebuah nilai mati bahwa desain yang paling baik adalah seperti apa yang dikandung dalam prinsip tersebut. Tetapi sekadar anjuran beginilah seharusnya desain yang baik. Karena sesungguhnya tidak ada penilaian bagus atau jelek atas sebuah desain. Semuanya itu tergantung selera desainer grafis, klien dan khalayak yang menjadi sasaran pesan.
Prinsip-prinsip desain grafis adalah sebagai berikut:
Proporsi (Proportion):
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.
Keseimbangan (Balancing):
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.
Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain. Semisal wana logo. Dalam desain kartu nama desain dibuat dengan full color (F/C). Tetapi dengan pertimbangan agar desain lebih variatif dan tidak membosankan, maka pada media desain yang berbeda Anda membuat logo tersebut dengan warna duotone. Nah, pada kondisi ini, gagasan variasi desain sebaiknya tidak diperlukan. Apa jadinya kalau logo tersebut adalah logo sebuah produk barang. Konsistensi juga sangat diperlukan sebagai kesan identitas yang melekat pada sebuah merek produk. Kita tidak mau konsumen sampai lupa pada produk yang dijual. Sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.
Kesatuan (Unity):
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
Penekanan (Emphasis)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau dalam konteks desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
Ritme (Rhythm)
Ritme merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Ritme merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop Publishing: Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, Coreldraw, GIMP, Adobe Freehand, Adobe Image Ready, Adobe Page Maker, dll.
Web Design: Adobe Dream Weaver, Microsoft Front Page, Notepad, Adobe Photoshop, dll.
Audiovisual: Adobe After Effect, Adobe Premier, Final Cut, Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash, Magic Movie Edit Pro, Ulead Video Studio, Power Director, dll.
Rendering 3D: Softimage, Blender, Light Wave, Google Sketch Up, Autocad, 3D Studio Max, Maya, dll.

operasi string

String adalah jenis data yang menyimpan untaian kata/ kalimat. Contoh variabel string dalam kehidupan sehari adalah berupa semua bentuk nama dengan segala manifestasinya seperti : nama orang, nama pekerjaan, nama instansi, hobby, alamat, makanan, minuman dan lain-lain.
Dalam Bahasa Pemrograman C/C++ string diimplementasikan ke dalam variabel dengan jenis “array char” dan “pointer char”. Ada 3 (tiga) jenis pendefinisian type data string di dalam C/C++, yaitu:
  • Dengan menentukan panjang string, syntax:

  • char <namaVar>"[" <panjang>"]" [ = <inisialisasi> ];
    Contoh:
    char namaMhs[25];

  • Tanpa menentukan panjang string dan memberikan nilai awal kepada string, syntax:

  • char <namaVar>"[]" = <inisialisasi>;
    Contoh:
    char namaMhs[]="Ahmad Musthafa";

  • Dengan menggunakan pointer char, syntax:

  • char *<namaVar> [ = <inisialisasi> ];
    Contoh:
    char *namaMhs="Ahmad Musthafa";
Fungsi/procedure pengolahan string
  • strcpy(varstr1, konst|varstr2);
  • Procedure ini berfungsi untuk mengcopy isi dari konst atau varstr2 ke varstr1.
  • strcat(varstr1, konst|varstr2);
  • Procedure ini berfungsi untuk menggabungkan isi dari varstr1 dengan konst atau varstr2 dan menyimpan hasilnya di varstr1.
  • strlen(konst|varstr);
  • Fungsi ini menghasilkan nilai integer berupa panjang konst atau varstr.
  • strupr(varstr);
  • Procedure ini berfungsi untuk mengkonversikan varstr ke huruf besar (Uppercase);
  • strlwr(varstr);
  • Procedure ini berfungsi untuk mengkonversikan varstr ke huruf kecil (Lowercase);
Contoh program lengkap dapat dilihat di bawah ini:
#include <stdio.h>
#include <string.h>
#include <conio.h>

int main(void)
{ char namaDepan[10], namaTengah[10], namaBlkng[10], namaLengkap[30];
 printf("Ketikkan Nama Depan    : "); scanf("%s",&namaDepan);
 printf("Ketikkan Nama Tengah   : "); scanf("%s",&namaTengah);
 printf("Ketikkan Nama Belakang : "); scanf("%s",&namaBlkng);

 strcpy(namaLengkap,namaDepan);
 strcat(namaLengkap," ");
 strcat(namaLengkap,namaTengah);
 strcat(namaLengkap," ");
 strcat(namaLengkap,namaBlkng);

 printf("Nama Lengkap adalah        : %s\n",namaLengkap);
        printf("Nama Lengkap (huruf kecil) : %s\n",strlwr(namaLengkap));
        printf("Nama Lengkap (HURUF BESAR) : %s\n",strupr(namaLengkap));
 getch();

 return 0;
}

apa itu WIFI Tethering ?

Apa Itu USB / WiFi Tethering Pada Smartphone? - Biasanya kita akan menemukan banyak sekali istilah jika kita berbicara soal sesuatu yang berbau teknologi. Memang, biasanya istilah yang ada tersebut ditujukan untuk mempersingkat kata dan agar lebih mudah untuk diucapkan dan mudah diingat. Bagi yang sudah expert (ahli) dibidangnya, tentu mereka sudah sangat hafal dan memahaminya. Tapi bagaima dengan orang awam? Yup, sudah tentu mereka akan kebingungan jika mendengarnya karena memang belum pernah mendengar sebelumnya.
Tethering pada Android
Istilah yang dianggap membingungkan juga sering ditemukan pada perangkat smartphone, perangkat mobile canggih yang sangat populer saat ini dan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Meski sudah menjadi bahan pokok bagi banyak orang, tidak sedikit pengguna smartphone yang masih belum memahami apa - apa soal perangkat yang digunakannya termasuk dalam hal ini istilah yang biasa digunakan di dalamnya. Salah satu istilah yang sering ditemui oleh para pengguna smartphone (khusunya yang menggunakan sistem operasi Android) adalah "tethering".
Tethering adalah sebuah metode pada sebuah ponsel atau smartphone untuk dapat berbagi koneksi internet dengan perangkat lain seperti PC/laptop, tablet, ataupun smartphone lainnya melalui koneksi WiFi (WiFi Tethering), Bluetooth (Bluetooth Tethering) atau dengan menggunakan kabel USB (USB Tethering). Itu artinya perangkat ponsel atau smartphone akan mampu beroperasi dan berfungsi layaknya sebuah modem.
Cara mengaktifkan fitur tethering sendiri bisa berbeda - beda pada tiap OS dari perangkat yang digunakan. Mimin pernah membahas tentang cara mengaktifkan fitur ini untuk perangkat dengan OS Android pada halaman Cara menjadikan Android sebagai modem. Namun perlu diingat bahwa jika kamu menggunakan fitur ini, maka akan berdampak pada cepat terkurasnya baterai dan perangkat juga akan lebih cepat panas.

Tema Dakwah "CERDAS DENGAN AL - QUR'AN"

Orang yang senantiasa membaca Al – Qur’an adalah orang yang past dicintai oleh Allah SWT. Kalau seseoranglepas dari Al – Qur’an maka akan i...