Agar komputer dapat tersambung ke internet banyak cara yang bisa
di lakukan. Berikut ini adalah cara- cara untuk memper oleh
sambungan ke internet.
1. Dial up yaitu akses
Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon
bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan
pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet.
Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet
dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan
telepon.
contoh :Telkomnet instan
2.
ADSL adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL
adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan
dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain,
koneksi internet melalui media kabel telpon rumah dengan
menggunakan modem ADSL contohnya :Speedy.
3. Kabel data Modem HP yaitu : Koneksi internet menggunakan kabel data ke HP yang sudah memiliki fasilitas GPRS.
4. Bluethoot Modem HP yaitu koneksi internet melalui bluethoot
yang tersambung ke HP yang sudah memiliki fasilitas GPRS.
5.USB Wirless modem GSM(Global System for Mobile Communications)
/CDMA (Code division multiple access) yaitu koneksi internet
menggunakan perangkat USB modem yang diisi dengan kartu seluler
GSM atau CDMA.
6.WIFI yaitu koneksi internet melalui jaringan WIFI pada lokasi tertentu yang terdapat Hotspot area. (nirkabel)
7.Wirless LAN yaitu suatu jaringan area lokal nirkabel yang
menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link
terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah
koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar.
8. V-SAT Yaitu koneksi internet menggunakan parabola yang di
hadapkan ke satelit untuk memperoleh sambungan internet. melalui
stasiun penerima, sinyal dari satelit dengan antena penerima
berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi
utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke
satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan
ke titik lainnya di atas bumi. Sebenarnya piringan VSAT tersebut
menghadap ke sebuah satelit geostasioner. Satelit geostasioner
merupakan satelit yang selalu berada di tempat yang sama sejalan
dengan perputaran bumi pada sumbunya yang dimungkinkan karena
mengorbit pada titik yang sama di atas permukaan bumi, dan
mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.
9.PCMCIA Yaitu koneksi internet menggunakan perangkat PCMCIA yang digunakan pada laptop.
10.Modem UHF yaitu koneksi internet malalui antena UHF
11. Modem Power yaitu koneksi internet melalui kabel listrik dari
PLN. juga dikenal sebagai Power Line Digital Subscriber Line
(PDSL), mains communication, Power Line Telecom (PLT), Power Line
Networking (PLN), atau Broadband over Power Lines (BPL) adalah
sistem untuk membawa data pada konduktor yang juga digunakan untuk
transmisi tenaga listrik. Sehingga jaringan listrik selain
berfungsi sebagai sumber listrik juga menjadi media penghantar
komunikasi.
Daya listrik ditransmisikan melalui jalur
transmisi tegangan tinggi, yang didistribusikan melalui tegangan
menengah, dan digunakan di dalam gedung pada tegangan rendah. PLC
dapat diterapkan pada setiap tahap. Kebanyakan teknologi PLC
membatasi diri untuk satu set kabel (misalnya, kabel tempat),
tetapi beberapa dapat silang antara dua
tingkat
(misalnya, baik jaringan distribusi dan kabel tempat).Biasanya
trafo mencegah menyebarkan sinyal yang memungkinkan beberapa
teknologi PLC dijembatani untuk membentuk jaringan yang sangat
besar.
Assalamualaikum. selamat datang di blog salsa. mari berkomentar dengan sopan. boleh beri saran dan kritiknya tapi yang bermanfaat ya teman.
Selasa, 27 Mei 2014
unsur unsur dalam desain grafis komputer
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form),
tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar
desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Sebelum penjelasan unsur desain grafis, ada baiknya mengetahui sedikit sejarah perkembangan desain grafis.
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis,
seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan
perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau
desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran
tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain
lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar
untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain
grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam
disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya,
disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang,
produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang
digunakan (disain).
1. Garis (Line)
Garis adalah gabungan beberpa titik, sehingga
terbentuk suatu obyek garis lengkung, lurus ataupun garis yang tidak
beraturan. Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau
konstruksi desain.
2. Bentuk (Shape)
Kita mengenal suatu benda
karena bentuknya, segitiga, lingkaran, bujur sangkar dll. Sementara
pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:
- Huruf (Character) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
- Simbol (Symbol) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).
- Bentuk Nyata (Form) : bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.
3. Tekstur (Texture)
Tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang
dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba yang biasa kita kenal
dengan istilah tekstur. Tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari
suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu,
dll.
Prinsip-prinsip desain
yang akan dijelaskan di bawah ini bukanlah sebuah nilai mati bahwa
desain yang paling baik adalah seperti apa yang dikandung dalam prinsip
tersebut. Tetapi sekadar anjuran beginilah seharusnya desain yang baik.
Karena sesungguhnya tidak ada penilaian bagus atau jelek atas sebuah
desain. Semuanya itu tergantung selera desainer grafis, klien dan
khalayak yang menjadi sasaran pesan.
Prinsip-prinsip desain grafis adalah sebagai berikut:
Proporsi (Proportion):
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan
desain. Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami
isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita
misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text)
sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet,
seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga
menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini
bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan
tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.
Keseimbangan (Balancing):
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling
berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip
keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan
keseimbangan informal.
Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan
bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi
dalam penggunaan berbagai elemen desain. Semisal wana logo. Dalam desain
kartu nama desain dibuat dengan full color (F/C). Tetapi dengan
pertimbangan agar desain lebih variatif dan tidak membosankan, maka pada
media desain yang berbeda Anda membuat logo tersebut dengan warna
duotone. Nah, pada kondisi ini, gagasan variasi desain sebaiknya tidak
diperlukan. Apa jadinya kalau logo tersebut adalah logo sebuah produk
barang. Konsistensi juga sangat diperlukan sebagai kesan identitas yang
melekat pada sebuah merek produk. Kita tidak mau konsumen sampai lupa
pada produk yang dijual. Sedangkan keseimbangan informal bermanfaat
menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan
sikap kaku, dan posmodernis.
Kesatuan (Unity):
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang
merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis
dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan
yang dimaksud.
Penekanan (Emphasis)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau
melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau dalam konteks
desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster
atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk
dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul
berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan
juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur,
nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
Ritme (Rhythm)
Ritme merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Ritme
merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa
dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain
grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar
obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas,
jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop Publishing: Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign,
Coreldraw, GIMP, Adobe Freehand, Adobe Image Ready, Adobe Page Maker,
dll.
Web Design: Adobe Dream Weaver, Microsoft Front Page, Notepad, Adobe Photoshop, dll.
Audiovisual: Adobe After Effect, Adobe Premier, Final Cut, Adobe Flash,
atau sebelumnya Macromedia Flash, Magic Movie Edit Pro, Ulead Video
Studio, Power Director, dll.
Rendering 3D: Softimage, Blender, Light Wave, Google Sketch Up, Autocad, 3D Studio Max, Maya, dll.
operasi string
String adalah jenis data yang menyimpan untaian kata/
kalimat. Contoh variabel string dalam kehidupan sehari adalah berupa
semua bentuk nama dengan segala manifestasinya seperti : nama orang,
nama pekerjaan, nama instansi, hobby, alamat, makanan, minuman
dan lain-lain.
Dalam Bahasa Pemrograman C/C++ string diimplementasikan ke dalam
variabel dengan jenis “array char” dan “pointer char”. Ada 3 (tiga)
jenis pendefinisian type data string di dalam C/C++, yaitu:
- Dengan menentukan panjang string, syntax:
- Tanpa menentukan panjang string dan memberikan nilai awal kepada string, syntax:
- Dengan menggunakan pointer char, syntax:
char <namaVar>"[" <panjang>"]" [ = <inisialisasi> ];
Contoh:
char namaMhs[25];
char <namaVar>"[]" = <inisialisasi>;
Contoh:
char namaMhs[]="Ahmad Musthafa";
char *<namaVar> [ = <inisialisasi> ];
Contoh:
char *namaMhs="Ahmad Musthafa";
Fungsi/procedure pengolahan string
- strcpy(varstr1, konst|varstr2);
- strcat(varstr1, konst|varstr2);
- strlen(konst|varstr);
- strupr(varstr);
- strlwr(varstr);
Procedure ini berfungsi untuk mengcopy isi dari konst
atau varstr2 ke varstr1.
Procedure ini berfungsi untuk menggabungkan isi dari varstr1 dengan konst
atau varstr2 dan menyimpan hasilnya di varstr1.
Fungsi ini menghasilkan nilai integer berupa panjang konst atau varstr.
Procedure ini berfungsi untuk mengkonversikan varstr ke huruf besar (Uppercase);
Procedure ini berfungsi untuk mengkonversikan varstr ke huruf kecil (Lowercase);
Contoh program lengkap dapat dilihat di bawah ini:
#include <stdio.h>
#include <string.h>
#include <conio.h>
int main(void)
{ char namaDepan[10], namaTengah[10], namaBlkng[10], namaLengkap[30];
printf("Ketikkan Nama Depan : "); scanf("%s",&namaDepan);
printf("Ketikkan Nama Tengah : "); scanf("%s",&namaTengah);
printf("Ketikkan Nama Belakang : "); scanf("%s",&namaBlkng);
strcpy(namaLengkap,namaDepan);
strcat(namaLengkap," ");
strcat(namaLengkap,namaTengah);
strcat(namaLengkap," ");
strcat(namaLengkap,namaBlkng);
printf("Nama Lengkap adalah : %s\n",namaLengkap);
printf("Nama Lengkap (huruf kecil) : %s\n",strlwr(namaLengkap));
printf("Nama Lengkap (HURUF BESAR) : %s\n",strupr(namaLengkap));
getch();
return 0;
}
apa itu WIFI Tethering ?
Apa Itu USB / WiFi Tethering Pada Smartphone? - Biasanya kita
akan menemukan banyak sekali istilah jika kita berbicara soal sesuatu
yang berbau teknologi. Memang, biasanya istilah yang ada tersebut
ditujukan untuk mempersingkat kata dan agar lebih mudah untuk diucapkan
dan mudah diingat. Bagi yang sudah expert (ahli) dibidangnya, tentu
mereka sudah sangat hafal dan memahaminya. Tapi bagaima dengan orang
awam? Yup, sudah tentu mereka akan kebingungan jika mendengarnya karena
memang belum pernah mendengar sebelumnya.
Tethering adalah sebuah metode pada sebuah ponsel atau smartphone untuk
dapat berbagi koneksi internet dengan perangkat lain seperti PC/laptop,
tablet, ataupun smartphone lainnya melalui koneksi WiFi (WiFi
Tethering), Bluetooth (Bluetooth Tethering) atau dengan menggunakan
kabel USB (USB Tethering). Itu artinya perangkat ponsel atau smartphone
akan mampu beroperasi dan berfungsi layaknya sebuah modem.
Cara mengaktifkan fitur tethering sendiri bisa berbeda - beda pada tiap
OS dari perangkat yang digunakan. Mimin pernah membahas tentang cara
mengaktifkan fitur ini untuk perangkat dengan OS Android pada halaman Cara menjadikan Android sebagai modem.
Namun perlu diingat bahwa jika kamu menggunakan fitur ini, maka akan
berdampak pada cepat terkurasnya baterai dan perangkat juga akan lebih
cepat panas.
Langganan:
Postingan (Atom)
Tema Dakwah "CERDAS DENGAN AL - QUR'AN"
Orang yang senantiasa membaca Al – Qur’an adalah orang yang past dicintai oleh Allah SWT. Kalau seseoranglepas dari Al – Qur’an maka akan i...
-
Register adalah sekelompok flip-flop yang dapat dipakai untuk menyimpan dan untuk mengolah informasi dalam bentuk linier. Ada 2 jenis utama...
-
Membahas tentang jaringan komputer, ada banyak pengklasifikasian jaringan berdasarkan kepentingan masing-masing. Salah satu diantara pengk...