Senin, 26 Mei 2014

OOP program

Pemograman berbasis orientasi dasar yaitu OOP (Object – object programing), merupakan paradigma pemograman yang berorientasi pada object – object dan semua data atau fungsi dibungkus dalam satu class – class atau object setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim pesan ke object lainnya.
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Konsep dasar dari Pemograman Berorientasi object pemograman
1.Kelas
kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu Sebagai contoh ‘class of dog’ adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan, Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object.
2.Object
Membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
3.Abstraksi
Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti
4.Enkapsulasi
Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya.
5.Polimorfisme
melalui pengiriman pesan.
Dengan menggunakan OOP maka dalam melakukan pemecahan suatu masalah kita tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut.
Untuk pembelajaran OOP kali ini kita akan membuat suatu program aplikasi yang sangat sederhana menggunakan java, dan kali ini kita akan membuat program aplikasi penghitung segi empat:
public class persegi {
 public static void main (String [] args) {

  int P = 50;
  int L = 100;
 int L2 = P*L;

 System.out.println("hasil perkalian =" +(P+L));

 }}

keterangan;
untuk int P, int L, dan int L2 itu menyatakan suatu variable P,L,L2
dan sedangkan source code System.out.println digunakan untuk mencetak hasil dari dari perkalian untuk menentukan luar persegi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tema Dakwah "CERDAS DENGAN AL - QUR'AN"

Orang yang senantiasa membaca Al – Qur’an adalah orang yang past dicintai oleh Allah SWT. Kalau seseoranglepas dari Al – Qur’an maka akan i...